Rabu, 30 Maret 2016

Digitalisasi Ojek dan Taksi (Wawasan, 30 Maret 2016)

Digitalisasi Ojek dan Taksi
Oleh Setia Naka Andrian

Tentu kita sangat menyadari, betapa kian hari, diri kita ini semakin malas beranjak dari titik aman dan kenyamanan. Seakan rasa-rasanya diri kita ini ingin dilayani segalanya, diantar, dibelikan, semua diimpikan datang sendiri ke hadapan kita. Seperti halnya akhir-akhir ini marak diperbincangkan kontroversi Gojek, kemudian dilanjutkan dengan kemunculan digitalisasi bagi pelanggan taksi. Keduanya serupa, seolah memanjakan diri kita dengan segenap kemudahan-kemudahan dalam berkehidupan. Sama-sama memanfaatkan aplikasi dalam hal pelayanan kepada para pelanggan.
Sempat dikabarkan di merdeka.com terkait kabar aplikasi pemesanan Gojek yang menjadi sorotan berbagai pihak. Berawal dari sikap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mendukung para tukang ojek untuk bergabung dengan aplikasi tersebut. Sontak, sikap Ahok itu dikritik oleh Ketua DPD Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan. Ditimpali tindakan tersebut melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Umum Orang dan Barang, yakni sepeda motor bukan diperuntukkan sebagai angkutan umum orang dan barang. Lalu bagaimana dengan kemunculan digitalisasi pelanggan taksi, apa lagi timpalan yang akan mendarat sebagai dalih pembelaan terhadap gerak konvensional yang sudah lazim mereka lakukan selama berpuluh-puluh tahun?
Sebelum kemunculan kedua ‘momok’ bagi para tukang ojek dan sopir taksi ‘konvensional’, sebenarnya telah banyak beredar berbagai usaha jasa yang disertai dengan jemput dan antar barang. Misalnya saja, jasa fotokopi atau mencetak (printing) dokumen. Para pelanggan dimudahkan dengan dijemput orderannya, hingga setelah orderan jadi akan diantarkan kembali kepada pelanggan. Hal tersebut tentu sangat dekat dengan kita, terutama bagi para mahasiswa/karyawan yang tinggal indekos. Jasa cuci pakaian dilayani dengan begitu manjanya, pakaian kotor dijemput, setelah selesai dicuci, dikeringkan bahkan hingga diberi pewangi dan sudah setrika baru diantarkan kembali.

Masyarakat dan Peralihan
Jika dihadapkan pada peralihan semacam ini, pastilah di antara kita tidak sedikit yang menggunjingi atau bahkan berteriak selantang-lantangnya. Padahal, mau atau tidak mau, segalanya pasti akan berubah. Cepat atau lambat, kita akan hanya semakin disiksa jika kita tidak berupaya menatap dunia peralihan yang kian hari mengguyur diri dan kehidupan kita.
Tiada di antara kita yang kuasa menghentikan waktu. Bahkan jika kita berupaya untuk menolah perubahan, pastilah yang kita rasakan malah seakan waktu semakin kejam menenggelamkan diri kita dalam kubangan kecemasan yang panjang. Gerak waktu tak pernah mau berhenti, semakin dilawan, ia akan semakin cepat memutar jarumnya. Selanjutnya kita hanya akan merasa sangat berkesusahan. Kita menjadi sangat gelisah, jika ada hal-hal baru atau segala sesuatu yang mendahului kita.
Segala ini tentu menjadi persoalan yang tak pernah selesai. Jika diri kita masih merasa sebagai orang-orang yang terlalu mendewakan masa lalu yang begitu lazim dalam setiap gerak mengamini dan mengimani aktivitas berkehidupan. Kita tentu ingat, bagaimana pengisahan Gojek, kemudian dilanjutkan dengan kemunculan digitalisasi pelanggan taksi yang sama-sama berdalih mempermudah bahkan merajakan pelanggan. Semua dianggap sebagai pemberangusan kelaziman dan gerak konvensional kehidupan kita.
Lalu, kita akan merasa bahwa peralihan ini akan memojokkan bahkan bisa membunuh para pekerja konvensional yang telah berpuluh-puluh tahun dilakukan tukang ojek dan sopir-sopir taksi. Namun, apa daya kita, jika sesungguhnya diri kita sendiri, diri pelanggan mereka sendirilah terasa mengamini dan begitu membanggakan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan tersebut. Memang benar pula, ada kalanya kita tetap harus mendukung, perjuangan dan segala upaya yang dilakukan oleh pelaku konvensional, walaupun sudah semestinya, semuanya sama-sama memiliki pelanggan. Sama-sama memperoleh bagiannya masing-masing. Kita tentu yakin, tidak sedikit masyarakat kita yang belum menggunakan ponsel-ponsel pintar, tidak sedikit pula di antara orang-orang tua di sekitar kita yang masih merasa bertahun-tahun kesulitan beradaptasi dengan gadget di genggam tangannya.
Saya ingat, terkait pengisahan Scott Lash (1990), bahwasanya dalam beberapa dasawarsa sekitar pergantian abad menuju abad dua puluh, kehidupan kultural dalam kota-kota di dunia belahan Barat perlahan mulai berubah. Sifat dan arti perubahan pun menjadi salah satu pertanyaan yang ada dalam inti perdebatan sepanjang zaman, misalnya hingga saat ini mengenai modernitas dan modernisme. Tentu kita yakin, di belahan dunia mana pun megalami masa-masa peralihan yang serupa yang kita alami ini. Pelan-pelan, segalanya akan digiring menuju gerak digitalisasi yang membuat sebagian oang di sekitar kita merasa geram.
Semua seolah diharuskan menyelami dunia digital. Misal saja yang berkembang di segenap lembaga pemerintahan, perpajakan, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya, semua diharuskan melaporkan hasil kerja, melaporkan proses hingga penilaian pembelajaran, dan semua harus direkam secara detail di laman yang sudah disediakan. Tentu segala ini bukanlah semacam gerakan subversif. Fenomena ini dapat kita yakini sebagai takdir dari zaman yang semakin bergerak, bergerak dan bahkan berlari. Mau tidak mau, cepat atau lambat, kita tetap akan menyinggahinya. Begitu.***


─Setia Naka Andrian, Penyair kelahiran Kendal, Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Menerbitkan buku puisi pertama, “Perayaan Laut” (April 2016), dan menyiapkan buku puisi kedua “Manusia Alarm”.

Kamis, 24 Maret 2016

Urbanisme dan Riwayat Kampung (Wawasan, 23 Maret 2016)

Urbanisme dan Riwayat Kampung
Oleh Setia Naka Andrian

Ingatan saya membuka lebar menuju beberapa lagu-lagu terkait urbanisme, di antaranya Tunggu Aku di Jakarta (Sheila on 7), Sapa Suruh Datang Jakarta (Melky Goeslaw), serta Preman Urban (Slank), ketika menjadi salah satu saksi pemanggungan teater yang digelar Teater Gema di Gedung Pusat Lantai 7 Universitas PGRI Semarang, Rabu (16/3). Mereka menggarap lakon Ronggeng Keramat (RK) karya Eko Tunas yang disutradarai oleh Alfiyanto (Komunitas Panggung Semarang). Panggung teater diciptakan sedemikian rupa, bersikeras meyakinkan diri dan berupaya menyuarakan teater sebagai sebuah peristiwa. Mereka coba tunaikan tugas besar untuk menjaga peristiwa dengan memproduksi teater dari lakon yang meriwayatkan kampung serta kehidupan urban.
Jakarta dan kampung halaman menjadi dua sisi mata uang yang saling berseberangan. Jakarta menjadi kota impian untuk memanjangkan iman tentang upaya mengubah kehidupan menjadi lebih baik dalam tataran ekonomi. Sedangkan kampung, diriwayatkan sebagai tubuh yang masih alami, segala sesuatunya terasa manual, lambat dan jauh dari kemajuan-kemajuan, hingga ditakdirkan sebagai tempat yang serba sulit untuk memperoleh banyak uang (pekerjaan). Dalam cerita, dikisahkan Dukuh Keramat yang masih alami, penuh aroma bunga melati yang menjadi khas kampung dan dicita-citakan memberi kemakmuran. Namun ternyata segalanya tidak sesuai yang diimpikan,
Dalam lagu Sheila on 7, setidaknya melambungkan keyakinan Jakarya sebagai kota penancap mimpi. Penggalan syairnya, Tunggulah aku, di Jakarta mu. Tempat labuhan, semua mimpiku. Seperti halnya dalam lakon RK ini, Paijo dan Paimin, pada awal pertunjukan digambarkan sebagai warga kampung Dukuh Keramat yang hendak hijrah ke kota dengan mimpinya untuk memperoleh kemakmuran. Namun sebaliknya, ada penggambaran lain yang berkebalikan dengan Paimin dan Paijo. Terdapat dua tokoh, Raden Bos dan Katak. Keduanya merupakan kaum kota yang berkeinginan menguasai kampung.
Raden Bos, dalam kisahnya ditakdirkan sebagai orang yang sangat kaya raya, ia memiliki kekuasaan, dan Katak sebagai orang kepercayaannya. Mereka berdua berpikir bagaimana menciptakan surga buatan di kampung. Dengan dalih ‘negatif’ menyelamatkan kesenian kampung (ronggeng), mereka ciptakan tempat-tempat hiburan dan perempuan-perempuang ronggeng sebagi objek pemuas nafsu para pelanggan. Pada akhirnya, Raden Bos merasa telah memiliki segalanya, dari mulai harta, tahla, hingga akhirnya wanita menjadi titik akhir keruntuhannya. Raden Bos menyerahkan kekuasaan dan segala hartanya untuk orang kepercayaannya, Katak. Termasuk juga senjata, sebagai simbol kemenangan atas kekuasaan dalam pengisahan lakon. Akhirnya, saat Raden Bos sedang lengah dengan wanita-wanitanya (para ronggeng), ia mati ditangan Katak, ditembak dengan menggunakan senjata yang dimiliki Raden Bos sendiri.

Isu Urban dan Teater Modern
Isu-isu urbanisme, setidaknya menjadi garapan yang cukup menggairahkan bagi teater-teater modern (kontemporer) saat ini. Teater yang membentuk ingatan dan makna baru dalam setiap gagasan dalam garapan-garapannya mengenai takdir sebuah kota serta kekejaman-kekejamannya. Seperti pengisahan Radhar Panca Dahana (2001), teater modern menjadi teater yang berada di kota besar, menggunakan meode-metode kerja yang serupa yang serupa dengan teater di Barat, serta memiliki kebebasan fakultatif dalam proses kreatif maupun pemilihan idiom-idiomnya. Sebut saja, Teater Sae, Teater Koma, Teater Mandiri, Teater Garasi.
Barang tentu, proses penciptaan teater bagi para pembuat teater sangat berpengaruh gerak zaman yang selalu menjadi langkah dan pijakan manusia dalam menciptakan penanda kehidupan dan lingkungannya. Bahkan, persoalan kekalahan, kegagalan, kemuraman, menjadi dalih memperoleh keimanan kita dalam menyimak takdir panggung teater yang seolah-olah ‘sesungguhnya’. Seperti halnya kegagalan Paimin dan Paijo, setelah berjuang di Jakarta, ternyata segalanya sangat tidak sesuai dengan yang mereka bayangkan dan mereka impikan sebelumnya. Jakarta menjadi tempat yang suram.
Dalam dialog, mereka mengeluhkan, “Di Jakarta, kita ini kayak coro-coro saja ya!” (Kayak coro-coro: seperti para kecoa). Itu bukti, bahka kota telah menelantarkan mereka. Hal ini seperti yang disuarakan Slank dalam lagunya Preman Urban yang mengisahkan teman dari desa yang berniat mengejar mimpi di Jakarta. Syairnya, temanku seorang pengembara, yang datang dari timur negeri ini. Mencoba mengadu nasib di Jakarta, karena di desa kelahirannya susah mengejar mimpi.
Melki Goeslaw pun seolah turut menyalahkan juga dalam lagunya, Sapa Suru Datang Jakarta. Berikut penggalan syairnya, Ado kasian yeng mama. Jauh-jauh merantau mancari hidup mama. Nasib tidak beruntung. Siang dan malam yeng mama. Jalan kesana kemari. Sanak saudara mama. Semua tidak peduli. Sapa suru datang Jakarta. Hingga pada akhir cerita, Paimin dan Paijo berkeinginan untuk pulang kampung, karena merasa kota tidak memberikan apa-apa, kota telah menelantarkan mereka. Setelah sampai di kampung Dukuh Keramat, mereka kaget, semua telah berubah. Tidak lagi mereka temukan aroma melati, yang dulu menjadi aroma khas Dukuh Keramat. Kampung tumbuh menjadi bangunan-bangunan yang menjulang tinggi. Kampung tak lagi mampu mengisahkan dirinya sebagai ruang gerak berkemanusiaan yang selalu dirindukan.***


─Setia Naka Andrian, Penyair kelahiran Kendal, Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Menerbitkan buku puisi pertama, “Perayaan Laut” (April 2016), dan menyiapkan buku puisi kedua “Manusia Alarm”.

Rabu, 02 Maret 2016

Nasib ‘Tayangan Jalanan’ pada Era Petisi Cyber (Wawasan, 2 Maret 2016)

Nasib ‘Tayangan Jalanan’ pada Era Petisi Cyber
Oleh Setia Naka Andrian

Pada era cyber seperti yang bergulir hingga detik ini, barang tentu segalanya dapat menyebar dengan begitu cepat. Apa pun itu, terlepas dari sisi baik dan buruknya, tentu kita sebagai ‘umat digital’ yang cerdas harus menyikapi semulia mungkin. Seperti halnya beberapa hari ini, saya mendapat kiriman surat elektronik (electronic mail) dari Change.org Indonesia, dari webnya sendiri, menulis dan sekaligus menobatkan ‘dirinya’ sebagai platform petisi terbesar di dunia, memberdayakan orang di mana pun untuk menciptakan perubahan yang ingin mereka lihat.
Petisi, yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dimaksudkan sebagai surat permohonan resmi kepada pemerintah. Saat ini sedikit bergeser, surat dimaksudkan tidak harus yang tertulis di dalam kertas saja, dan hanya satu atau segelintir orang saja yang membubuhkan tanda tangan di bawahnya. Namun, pada era cyber saat ini, penanda tangan (pendukung) petisi sangatlah banyak, bahkan mencapai jutaan. Tidak tanggung-tanggung pula, melalui Change.org telah berhasil mencatat keberhasilan petisi yang dibuat.
Sungguh sangat besar respons masyarakat terhadap platform petisi yang diudarakan oleh Change.org. Dicatatnya, hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 70 juta pengguna di 196 negara. Saya membuktikan sendiri, setiap hari ada saja kiriman-kiriman permohonan dukungan atas petisi dari Change.org. Jika kita sudah sekali saja memberikan dukungan, maka selanjutnya secara otomatis akan dikirimi penawaran-penawaran dukungan. Petisi yang dilayangkan sangat beragam, dari mulai ersoalan lokal hingga pada persoalan global. Misalnya terkait persoalan yang sedang memanas di media, hingga persoalan-persoalan yang sebenarnya dipandang sangat sederhana namun perlu diperhatikan dan menjadi isu publik.
Misalnya, ada perjuangan seorang ibu melawan bullying di sekolah putrinya, pelanggan/perusakan lingkungan, persoalan pengeboran Lapindo di Sidoarjo, dan lain sebagainya. Petisi-petisis dengan sangat mudah dapat diluncurkan, dari mulai atas nama komunitas/lembaga tertentu hingga atas nama perorangan. Segalanya dapat dikampanyekan dengan cepat dan mudah.
Beberapa petisi yang sudah dilayangkan di antaranya, “Cabut Izin Pengeboran Baru Lapindo di Sidoarjo!” yang dibuat oleh Urban Poor Consortium Jakarta Selatan Indonesia dengan dukungan 25.064 (Februari 2016), selanjutnya ada pula petisi “Kapolri, Kapolda Metro Jaya; Copot Kapolres Jakpus yang dukung sweeping FPI!” yang dibuat oleh Damar Juniarto, warga Jakarta, dengan pendukung 37.256 orang (Januari 2016). Ada pula yang ditujukan kepada Presiden Jokowi, dengan petisi “Presiden @Jokowi, @Portal_Kemlu_RI; Tolak Donald Trump dan Bisnisnya Masuk Indonesia” dengan pendukung 45.393 orang.
Banyak yang dinyatakan petisi yang diluncurkan berhasil. Setelah para pendukung melalui surel/e-mail (surat elektronik) memberikan dukungan, pendukung akan diberi balasan secara otomatis dan jika petisi tersebut berhasil, maka akan diberitahukan pula kegembiraan kabar keberhasilan tersebut. Tak jarang pula dari para petinggi negara, bahkan hingga presiden yang menanggapi petisi dengan baik, serta mendukung atau mengabukan permintaan dari petisi yang dilayangkan memalui Change.org tersebut.

Saatnya Petisi Cyber Perangi ‘Tayangan Jalanan’
Pada minggu ini, baru saja saya mendapat kiriman permohonan dukungan terkait petisi yang dibuat oleh Generasi Pemuda Peduli Indonesia untuk Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, “@KPI-Pusat, @OfficialRCTI, Hentikan Tayangan Anak Jalanan!” KPI, sebuah lembaga independen di Indonesia  yang memiliki tugas sangat mulia sebagai alat pengatur (regulator) segala penyelenggaraan penyiaran di Indonesia, termasuk yang ditayangkan di televisi.
Memang benar, fakta membuktikan, bahkan riset kecil-kecilan saya kepada beberapa tetangga yang kebanyakan ABG, 98% sangat menggilai tayangan sinetron “Anak Jalanan”. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah terpengaruh secara penampilan, gaya, bahkan beberapa aktivitas kecil lain yang sangat dekat dan hanya digeser saja dari layar televisi menuju kenyataan hidup mereka.
Barang tentu benar jika petisi tersebut dibuat. Sinetron “Anak Jalanan” yang tayang mulai Oktober 2015 tersebut sepertinya sangat tidak cocok untuk masyarakat kita. Khususnya bagi anak muda kita, generasi penerus bangsa ini. bangsa ini sudah terpuruk, banyak persoalan yang menjangkiti para politisi, para petinggi negara ini. Maka jangan sampai anak-anak muda generasi bangsa kita juga turut dilukai akibat tayangan-tayangan televisi yang kurang mendidik. Walaupun tetap saja segalanya diserahkan pada masing-masing pribadi anak muda kita tersebut. Namun setidaknya, KPI sudah seharusnya menjalankan tugas yang seharusnya dijalankan. Benar-benar menjadi komisi yang ‘bertaring’ untuk menentukan tayangan mana yang layak dan mana yang tidak layak.
Kita tentunya akan sangat prihatin melihat dampak besar televisi bagi masyarakat kita. Tidak seharusnya pula ukuran money oriented saja yang dikejar. Ibaratnya, catatan keberhasilan yang dilakukan seseorang pastilah tidak melulu harus dihitung berdasarkan seberapa uang yang didapatkan, atau seberapa kekayaan yang dicapai. Tentunya, keberhasilan juga dapat diukur berdasarkan seberapa posisi ketercapaian moral dan spiritual seseorang dalam berkehiduan. Sudah cukup KPI membuka kran lebar terhadap segala yang kurang cocok untuk bangsa kita yang cenderung/mayoritas berbudaya timur ini. Sudah cukup hedonisme begitu diguyurkan di acara-acara televisi kita. Sudah tidak jarang lagi tayangan-tayangan televisi memberi dampak buruk serta menjadi contoh yang tidak baik bagi generasi muda kita.
Seperti halnya kekerasan yang dicontoh dari televisi, hubungan di luar batas kenormalan dalam adat dan budaya kita yang ditiru dari televisi, lalu masih banyak lagi contoh lain yang saya rasa sudah sangat akrab dengan diri kita, yang sudah tidak sebentar menjadi saksi tayangan televisi kita. Tentu, kita semua sangat berharap, KPI harus tegas dalam memberi restu terhadap tayangan-tayangan di televisi. Jangan sampai terus-terusan sajian di televisi menjadi contoh buruk dan menimbulkan efek negatif bagi generasi muda yang menontonnya.
Mari kita beri dukungan petisi yang diluncurkan Change.org baru-baru ini. Kita beri dukungan Generasi Pemuda Peduli Indonesia menggedor KPI. Sudah saatnya kita semua menjadi generasi ‘cerdas’ dan menyikapi aktivitas positif dalam menjadi penganut ‘era cyber’. Semoga kita mampu menyadarkan KPI agar menyingkirkan tayangan-tayangan semacam “Anak Jalanan” tersebut. Tentunya masih banyak pula ‘tayangan jalanan’ lain yang dirasa sangat mengganggu kesehatan pembangunan tubuh generasi penerus bangsa kita. Kita tunggu kemuliaan KPI.***


─Setia Naka Andrian, Dosen FPBS Universitas PGRI Semarang. Tahun ini akan menerbitan dua buku puisinya, “Perayaan Laut” dan “Manusia Alarm”. Salah satunya akan diluncurkan bulan April, bertepatan dengan ritual mengakhiri masa lajangnya.

Selasa, 23 Februari 2016

Bioskop Sesuai Kategori Umur (Wawasan, 23 Februari 2016)

Bioskop Sesuai Kategori Umur
Oleh Setia Naka Andrian

Saya ingat, saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), kali pertama saya mulai menonton bioskop. Saat itu saya sangat penasaran dengan gedung bioskop yang ‘katanya’ menampilkan film-film yang bagus, terbaru dan tentu saya bayangkan sebagai tontonan yang begitu mutakhir. Awal perjumpaan saya tersebut bermula ketika boomming film Ada Apa Dengan Cinta (2002) yang ditulis Jujur Prananto, Prima Rusdi dan Rako Prijanto. Film cinta yang begitu romantis pada masa itu di kalangan remaja dengan sutradara Rudy Soejarwo itu menandai awal perjumpaan saya mengenal bioskop.
Meskipun awalnya saya menyaksikan film itu tidak di bioskop, melainkan melalui tayangan yang saya putar melalui VCD bajakan yang saya ambil diam-diam dari kakak saya. Video dengan gambar seadanya tersebut saya nikmati diam-diam ketika rumah sepi. Lalu karena saya penasaran dan cukup keasyikan dengan film romantis tersebut, maka saya bersama teman, tetangga yang sudah kuliah, mengajak menonton bioskop di Semarang. Mengingat saat itu saya belum berani pergi sendirian dari Kendal ke Kota Lunpia tersebut, dan pasti tidak mendapat izin dari orangtua jika akan pulang cukup malam.
Beberapa tahun kemudian, perjumpaan kedua dengan film kisah cinta yang begitu kocak, 30 Hari Mencari Cinta (2004) yang ditulis dan disutradarai Upi Avianto. Kedua film tersebut menjadi sebuah penanda personal bagi saya, setidaknya juga bagi anak seusia saya pada masa itu. Itu beberapa di antara film-film remaja yang bermunculan dan terekam begitu kuat dalam ingatan saya, bahkan masih saja terngiang hingga saat ini.

Film Konsumsi Remaja Masa Kini
Kedua film pada masa saya di atas, tentu belum seberapa dengan film-film yang dikonsumsi remaja yang bermunculan saat-saat ini. Masih pada batas-batas kewajaran. Namun, kita ketahui bersama, beberapa film konsumsi remaja masa kini yang tidak mendidik bermunculan begitu saja. Seperti digelontorkan begitu deras tanpa penyaringan. Kita simak saja, film-film horor yang sangat digemari anak muda zaman sekarang dengan bumbu-bumbu panas. Entah dari mulai arwah suster-suster yang gemar keramas, ngesot, hingga segenap film-film bernada kisah anak muda dengan balutan gaya hidup hedonisme serta tampilan tubuh-tubuh perempuan seksinya.
Bahkan, fenomena semacam tersebut, pada era digital saat ini, siapa saja begitu mudah menikmati film-film dari youtube selepas ditayangkan di bioskop. Siapa saja dapat mengkonsumsinya. Walaupun jika kita ketahui, saat ini alamat website tertentu harus disesuaikan dengan umur, dan itu hanya pada umur yang dicantumkan dalam akun surat elektronik (e-mail). Tentu masih bisa dilewati dengan mudah oleh anak-anak yang belum cukup umur. Tinggal buat saja akun dengan usia yang dituakan. Beres, dan selanjutnya bisa berselancar dengan mudah menikmati unggahan-unggahan video yang belum selayaknya ditonton.
Lebih-lebih saat ini bioskop sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Ibaratnya, kalau tidak pernah nonton bioskop maka akan menyandang olokan “katrok!” Maka sudah pasti, siapa saja akan berupaya untuk mengejar agar tidak disemprot dengan ejekan tersebut. Sangat disayangkan lagi, beberapa hari yang lalu, 12 Februari. Beredar petisi “@cinema21, @CGVblitz, @cinemaxxtheater, Jual Tiket Bioskop kepada Penonton Sesuai dengan Kategori Umur!” yang dilayangkan di Change.org Indonesia oleh Fellma Panjaitan, warga Jakarta.
Fellma dengan petisinya tersebut muncul akibat kegelisahannya ketika beberapa kali melihat anak-anak menonton film-film yang belum saatnya ditonton. Barang tentu kita juga tidak jarang melihat semacam yang disaksikan Fellma tersebut. tidak sedikit film yang bergelimah bumbu sex bebas (free sex), bahasa kotor (foul language), kekerasan (violence), dan narkoba (drugs).
Mengingat segala itu sangat penting, tentu selanjutnya pihak-pihak yang terlibat dalam penyeberan film-film dalam bioskop, termasuk 21, XXI, Blitz atau Cinemaxx, harus mau mengambil langkah mulia demi keselamatan generasi penerus bangsa ini. Harus dipertegas tayangan dengan kategori Rated G (Semua Umur),  Rated PG (Bimbingan Orang Tua), Rated PG-13 (Bimbingan Orang Tua untuk Anak Dibawah 13 tahun), dan Rated R (Restricted/terbatas).
Memang saatnya itu semua digalakkan. Jangan sampai pula orang-orang tua mengajak anak-anak yang belum seharusnya menonton tayangan yang diputar di bioskop. Agar tidak lagi kita dengar berita-berita kriminal yang dilakukan oleh anak di bawah umur, agar tidak ada lagi anak di bawah umur memperkosa karena nonton porno. Ini semua terjadi di negeri kita tercinta ini. Kalau perlu, untuk mendeteksi para penonton bioskop, sepertinya mereka perlu menunjukkan tanda pengenal, termasuk KTP/SIM. Ini yang bermunculan di bioskop, lalu bagaimana dengan yang beredar luas di televisi? Sungguh, semua ini perlu ketegasan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Semoga.***


─Setia Naka Andrian, Dosen FPBS Universitas PGRI Semarang. Tahun ini akan menerbitan dua buku puisinya, “Perayaan Laut” dan “Manusia Alarm”. Salah satunya akan diluncurkan bulan April, bertepatan dengan ritual mengakhiri masa lajangnya.

Jumat, 12 Februari 2016

”Serat” Bikin Gairah (Suara Merdeka, 11 Februari 2016)

”Serat” Bikin Gairah

”Saya bisa menulis puisi di mana pun dan dalam situasi apa pun. Ketika mendapat inspirasi saya langsung mencatatnya di telepon genggam lalu mengembangkannya di rumah,” kata Setia Naka Andrian (27).
Puisi-puisi alumnus S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPGRIS dan S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini kerap menghiasi halaman ”Serat” Harian Suara Merdeka (SM) yang terbit di hari Minggu.
Bagi pria kelahiran Kendal ini, puisi yang diterbitkan harian yang berulang tanggal kelahiran ke-66 pada 11 Februari ini jadi pembuktian kepada kedua orang tuanya di rumah. Maklum, kegiatannya yang padat baik di kampus maupun berbagai komunitas sastra membuat dia jarang pulang. Penerbitan karya puisinya jelas membuat dia bangga.
”Orang tua tahu karena setiap hari membaca SM. Dengan pemuatan puisi saya, mereka tahu bahwa di kampus saya melakukan hal positif,” katanya. Selain puisi, ia juga menulis cerpen dan esai. Cerpennya dua kali dimuat di halaman yang sama.
Lingkup Nasional
Kebanggaan lain Naka juga muncul lantaran persaingan ketat bagi karya seseorang untuk bisa dimuat. Lebih-lebih lagi meski SMitu koran lokal, tetapi ”Serat” yang berisi cerpen, puisi, dan esai telah memiliki lingkup nasional. ”SMbersanding dengan korankoran nasional yang juga menerbitkan karya sastra.
Para pengarang yang berebut mengisi kolom itu pun tidak hanya dari Jateng, tetapi dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar penyair yang bakal menerbitkan buku puisi Perayaan Laut dan Manusia Alarm ini.
Bagi Naka, halaman sastra ini sangat bermanfaat bagi para pengarang. Apalagi buat dirinya yang merupakan pengajar sastra, kolom sastra di hari Minggu menjadi salah satu referensi ketika mengajar.
”Dari kolom tersebut para pengarang pemula belajar dan saling mengenal. Dan, kolom inilah yang menggairahkan kami untuk terus berkarya….” (Dhoni Z-62)


Selasa, 09 Februari 2016

Maskulinitas Ibu dan Kemuliaan Kecil di Sekitarnya (Rakyat Jateng, 9 Februari 2016)

Maskulinitas Ibu dan Kemuliaan Kecil di Sekitarnya
Oleh Setia Naka Andrian

Judul Buku                : Setengah Abad
Penulis                       : Dra. Asrofah, M.Pd.
Penerbit                      : FPBS Universitas PGRI Semarang
Cetakan                      : I, Februari 2016
Tebal                          : viii + 86 halaman






Pagi itu, saya dipanggil Ibu Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPGRIS. Bu Asrofah memberikan satu bundel kumpulan puisi. Saya diminta untuk memberi ulasan kecil untuk puisi-puisinya. Ada sejumlah 61 judul puisi yang termaktub dalam dummy buku puisi bertajuk “Setengah Abad”, yang dalam waktu dekat ini akan dibukukan untuk menyambut genap usia setengah abad beliau. Selanjutnya, angin segar melingkar di benak hingga segenap tubuh saya.
Mata saya berbinar, ternyata puisi masih memiliki ruang cukup besar bagi seorang pimpinan sesibuk dekan yang setiap hari harus mengajar dan mengatur segala aktivitas akademik di kampus tempat saya bekerja ini. Batin saya, sungguh, ini wilayah mulia, puisi menjadi bagian kecil yang memiliki peran besar dalam wilayah kehidupan seseorang. Lebih-lebih, puisi kali ini ditulis oleh seorang ibu yang tentu sangat besar pula peran dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Belum lagi, jika selepas tanggung jawab kepada keluarga, ada tugas lain, yakni berkarier dalam tempat kerja tertentu. Lalu di mana wilayah yang diduduki puisi? Seperti apa kekuatan dan peran puisi dalam diri seseorang tersebut?

Puisi sebagai Spasi Hidup
Barang tentu, puisi dalam diri seseorang, diyakini lahir dari segala aktivitas kehidupan agama, kehidupan sosial, dan kehidupan individual. Segala itu direkam dan dicatat pelan oleh Bu Asrofah hingga usia setengah abad ini, usia yang sudah tidak diragukan lagi dalam ikhtiarnya untuk memenuhi kebermaknaan cinta manusia, cinta dunia, dan kecintaan kepada Tuhan Yang Maha Segalanya.
Dalam buku kumpulan puisi tersebut, puisi mengambil wilayah yang cukup mendalam, lebih-lebih bagi seorang penyair perempuan. Seperti yang dialami pula oleh sederet penyair perempuan lainnya semacam Hanna Fransisca yang juga berkarier sebagai pengelola bisnis di bidang otomotif. Kemudian ada pula Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari, selain berpuisi, ia juga berkarier sebagai politikus dan pemain sinetron.
Selanjutnya, ada pula penyair perempuan ‘ibu rumah tangga’ yang baru-baru ini memenangkan sebagai juara ketiga dalam ajang bergengsi Sayembara Manuskrip Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta 2015. Penyair tersebut bernama Cyntha Hariadi, dalam manuskrip buku puisinya yang berjudul “Ibu Mendulang, Anak Berlari: Kumpulan Puisi Pendek di Atas Celemek”.
Saya melihat pelan, aktivitas kreatif yang dilakukan Bu Asrofah hampir memiliki nasib segaris dengan yang dilakukan oleh beberapa deretan nama-nama penyair perempuan yang saya sebutkan tadi. Dari mulai wilayah ibu rumah tangga, pekerjaan, hingga karier yang sama-sama ditekuni ‘ibu-ibu maskulin’ tersebut. Semuanya dilakukan dengan penuh kemuliaan, dan segalanya bermuara pada puisi. Dalam posisi ini, puisi mengambil wilayah yang cukup besar sebagai penggerak wilayah-wilayah lainnya.
Saya sendiri sangat yakin, bagaimana puisi menciptakan tenaga lain dalam kehidupan seseorang. Jika secara sederhana gelimang kehidupan dan segala aktivitas berkehidupan di dunia ini adalah sederet kalimat yang sangat panjang serta membuat napas kita megap-megap, maka tugas puisi adalah sebagai spasi. Seperti halnya saya ingat sepenggal puisi cinta sederhana yang sempat saya tuliskan, “Aku hanya ingin menjadi spasi untuk menghindarkanmu sebelum titik.”

Puisi, Ibu, dan Kehidupan Domestik
Dalam buku kumpulan puisi ini, Bu Asrofah berupaya menyampaikan sepenuh kesederhanaan dan kelegaan berkata-kata. Upaya-upaya tersebut timbul akibat posisi strategis yang dialami dalam kesehariaanya. Saya sangat yakin, betapa seorang ibu akan lebih mendalam merespon, mengendapkan dan menyublimkan segala hal yang menampari dirinya.
Misalnya beberapa alasan yang disampaikan juri sayembara manuskrip buku puisi DKJ 2015 (Oka Rusmini, Joko Pinurbo, dan Mikael Johani), sehingga memilih puisi-puisi Cyntha Hariadi, sang ibu rumah tangga sebagai pemenang ketiga, “Puisi dengan bahasa yang simpel, berhasil memotret kekompleksan kehidupan domestik bagi seorang ibu di Indonesia. Puisi-puisi yang bercerita tentang tetek-bengek urusan rumah secara literal, sekaligus rumah sebagai metafora tubuh dan jiwa seorang ibu yang dikacaubalaukan oleh pengalaman melahirkan dan membesarkan anak.
Segala itu sangat nampak, dan begitu tegas dipaparkan Bu Asrofah dalam sebagian besar puisi-puisinya. Di antaranya pada puisi berjudul “Hari Ibu di Tenda Mina”, /”Ibu... selamat hari ibu ya”/ “Ibu sehat aja to?”/ “Ibu kalau antri makan bawa roti ya....”/ “Adik sehat kok, Bu.”/ “Salam untuk Bapak ya, Bu....”// Melalui SMSmu terhapus rasa rindu/ Terima kasih Via anakku/ Kau ingat itu/ Inilah hadiah terindah bagi seorang ibu// Anak yang saleh/ Doakan ibu ya, Nak/ Besok masih satu kali lontar jamawat wustho dan ula//.
Dari puisi tersebut nampak agung hubungan ibu dan anak-anaknya. Dalam kondisi apa pun, saat anak-anaknya berjauhan dengan kedua orangtua, maka ibu tetap menjadi posisi paling utama. Ibu menjadi pilihan pertama sebelum bapaknya. Seorang anak pasti akan lebih memilih meletakkan kepala di pangkuan ibunya terlebih dahulu sebelum tiba di pelukan bapaknya. Misalnya saya ingat lagi puisi Andy Sri Wahyudi (2012), yang sama-sama menyoal “Hari Ibu”, / Aku tak cukup laki-laki untuk menjadi ibu/.
Dalam diri Bu Asrofah, saya sangat yakin, walaupun puisi menjadi ‘spasi’ dalam kehidupannya, namun puisi memiliki wilayah utama dalam hal posisi ‘curhat’ berkemanusiaan dan bertuhannya. Puisi menjadi upaya kecil ketika segala hal tak mungkin disampaikan begitu saja. Puisi menjadi muara kecil ketika banyak ‘tembok’ yang tak begitu bersahabat dan menjadi sangat transparan menyebarkan apa saja. Misalnya pada era berkicau dalam media sosial yang sangat populer saat ini.
Puisi menjadi mahluk hidup tersendiri dalam diri penyairnya. Misalnya saja dalam puisinya berjudul, “Di Dalam Laptop” berikut, /Kupegang dalam kegamangan/ Kubuka dengan kecewa/ Kusentuh tanpa ekspresi/ Kupandangi tiada henti/ File itu sudah tidak terbaca lagi// Tersimpan dalam ketidakpastian/ Terbungkus di atas arogansi yang tiada pernah dimengerti// Sekian waktu/ Kucari/ Kumengerti/ Kutulis/ Dan terhapus di tengah perjalanan yang menantang// Semangatku hilang bersama aturan semu//.
Puisi setidaknya menjadi upaya kecil dalam pengobat jiwa serta penyakit-penyakit lainnya. Bahkan, dapat menjadi ‘penggedor iman’ dan ‘nyawa’ tersendiri dalam diri seseorang yang beraktivitas lebih luas serta berhubungan dengan khalayak. Misalnya saja yang dilakukan di kampus tempat saya bekerja, setiap hari senin, sebelum melakukan aktivitas pekerjaan, dilakukan pembacaan puisi dan doa. Awalnya saya tidak sengaja melihat aktivitas mulia tersebut. Pagi-pagi sekali, sekitar pukul 06.30, saya berniat mengambil beberapa koran langganan saya di salah satu ruang. Tenyata ada lingkaran besar yang berisi pejabat-pejabat kampus, dosen, dan karyawan.
Lalu sontak saya langsung ikut melingkar. Puisi dibacakan, puisi menjadi penyeru kebaikan, penyemangat, dan pengobat bagi jiwa-jiwa yang disentuhnya. Hingga berikutnya puisi diakhiri, dan berlanjut pada muara doa-doa. Memang sangat benar, jika posisi puisi sangat tepat bersanding dengan doa. Puisi berada tepat di bawah doa. Puisi menjadi bagian kecil dari doa. Semoga.***


─Setia Naka Andrian, penyair kelahiran Kendal, dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Tahun ini sedang menyiapkan penerbitan dua buku puisinya, “Perayaan Laut” dan “Manusia Alarm”.

Sabtu, 06 Februari 2016

CommaWiki, Kamus Bahasa Kekinian (Tribun Jateng, 6 Februari 2016)

CommaWiki, Kamus Bahasa Kekinian
Oleh Setia Naka Andrian

CommaWiki, fenomena mutakhir yang saat ini sedang gencar di media sosial. Khususnya bagi kalangan anak muda masa kini. Sebuah file gambar berisi kata beserta makna kata dengan versi ‘sangat anak muda’. Semacam kamus, namun kali ini makna kata begitu jenaka dan kocak. Namun ada kalanya sangat menggugah serta sangat edukatif.
CommaWiki disebut pula sebagai meme kamus. Meme berarti lelucon yang muncul pada era digital seperti sekarang ini. Beredar melalui gambar, video, dan kata-kata. Maka, meme kamus dimaksudkan sebagai kamus kata bermakna lucu. Berdasarkan data yang dikutip dari kaskus.co.id dan hot.detik.com, penemu CommaWiki ialah seorang penulis blog. Ia bernama lengkap Putu Aditya Nugraha, pemuda asal Bali.
Pria pemilik akun @commaditya dan commaditya.com telah mengunggah ribuan CommaWiki melalui twitter pribadinya. Terbukti, akun yang dikelolanya sejak Agustus 2009 ini telah memiliki pengikut hingga 63,4 ribu.

Kamus Nyeleneh
Dalam hal ini, meme kamus mencatat makna kata yang sedikit nyeleneh atau menyimpang dari pengertian aslinya. Namun makna tersebut tetap bersumber langsung dan sangat dekat dengan kehidupan/pengalaman hidup kekinian.
Berikut beberapa yang tersebar luas di google images, “Kampus: tempat nyari ilmu dan gebetan buat nyemangatin belajar”; “Bad boy: lelaki berperilaku kurang ajar, tidak baik, dan sering tidak tahu diri, tapi ganteng”; “Mantan: yang sudah pergi, namun kadang datang tiba-tiba di pikiran, kadang tiba-tiba ngungkit kenangan”; “Masa lalu: beberapa orang terjebak di sana, bukan karena tidak bisa, tapi kadang memang tidak mau berusaha keluar.”; “Otw: keadaan di mana anda masih berkalung handuk atau di bawah selimut, sedangkan rekan anda sudah membusuk di titik pertemuan”; dan sebagainya.
Ratusan CommaWiki terunggah begitu melimpah juga di akun @CommaWikiIndo dengan pengikut 9.114 dan @CommaWiki dengan pengikut 863. Kedua akun ini, setidaknya menjadi rujukan anak-anak muda. Mereka mengambil file gambar atau kata-katanya untuk dipajang di media sosial yang dimiliki. Misalnya di facebook, twitter, instagram, blackberry messenger, path, dan lain sebagainya.
Berdasarkan pengamatan di google images, gambar-gambar dan kata-kata CommaWiki sebagian besar bersumber dari beberapa akun tersebut. Akun @CommaWikiIndo misalnya, dengan unggahan 3.158 memiliki pengikut lebih banyak dari akun @CommaWiki. Barangkali karena dinilai semua unggahannya bergambar dan tampak lebih menarik, dengan gambar-gambar ilustrasi yang terkait dengan kata-kata dalam meme kamus tersebut. Sedangkan akun @CommaWiki yang hanya menggunggah kata-katanya saja tanpa mengunggah visual/gambar.
Terkait CommaWiki juga sedikit banyak telah disinggung oleh Rahmat Agung Purnama dalam blog pribadinya: rahmatagungp.wordpress.com. Rahmat juga mengakui, bahwa penemu meme kamus ini adalah Putu Aditya Nugraha, salah satu pria yang mendapatkan keberuntungan WHV (Working Holiday Visa) di Sydney selama satu tahun. Ia sempat pula diundang tampil di salah satu TV nasional untuk membahas fenomena meme kamusnya ini. Putu, ternyata tercatat juga sebagai pembuat acara kreatif 'Malam Puisi' di Bali dan kemudian diikuti kota-kota lainnya di Indonesia.

Bahasa, Kreativitas, dan Kekinian
Kamus meme ini dapat dikatakan sebagai temuan baru dalam perkembangan bahasa Indonesia. Kendatipun, tetap saja tak lepas dari sisi positif dan negatifnya. Sisi negatif, misalnya terkait perusakan makna kata, jika dinilai tidak sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Sisi positifnya, tentu pada kreativitas pengelolaan cita rasa pemaknaan bahasa. Seseorang pun akan merasa menemukan ‘tawaran’ makna lain yang lebih ‘segar’ dari setiap kata. Tentunya, tetap pada garis substansi makna kata yang sesuai KBBI tersebut.
Bahkan cepat atau lambat, pihak-pihak yang ‘berwenang’ di dunia bahasa Indonesia akan segera turun gunung untuk menyikapi fenomena ‘kamus bahasa kekinian’ ini. Tak tanggung-tanggung, dengan sebutan CommaWiki Kamus Nyeleneh telah menjelma menjadi aplikasi yang dapat diunduh gratis untuk smart phone.
Jika sudah sampai pada titik penggunaan meme kamus ini di gadget, barang tentu penggunaan CommaWiki akan semakin merajalela. Anak-anak muda seusia sekolah atau mahasiswa akan gonta-ganti memasang meme kamusnya di smart phone, sambil senyum-senyum hingga tertawa lepas. Di sisi lain, guru-guru, dosen hingga peneliti bahasa barangkali akan tercengang dan berupaya mencari jalan keluar untuk merespons. Inikah fenomena kerusakan bahasa Indonesia? Atau ini fenomena kemutakhiran bahasa Indonesia?

─Setia Naka Andrian, penyair kelahiran Kendal, dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).